Kunjungan Industri S1 Sains Data ULBI Angkatan 2023 ke Jabar Digital Service

 






Telah dilaksanakan Kunjungan Industri Prodi S1 Sains Data Angkatan 2023 pada Selasa, 25 Juni 2023 ke Jabar Digital Service pada Jabar Command Center (Gedung Setda B Lt. II), Jalan Diponegoro Nomor 22, Bandung.

Jabar Digital Service adalah suatu lembaga dari pemerintahan provinsi Jawa Barat yang berfokus pada layanan digital ke masyarakat dalam lingkup Jawa Barat, Jabar Digital Service merupakan perwujudan cita cita Gubernur Ridwan Kamil untuk menjadikan Jawa Barat sebagai Provinsi Digital sekaligus memberikan infrastuktur digital kepada desa desa yang ada di jawa barat.Visi dari Jabar Digital Service adalah mewujudkan Jabar Juara yang berbasis data dan teknologi dalam mendukung pelayanan masyarakat dan pengambilan kebijakan yang responsive,adaptive, dan inovatif. Sedangkan misinya, mewujudkan pengambilan kebijakan berdasarkan data, mengakselerasi transformasi digital pemerintahan dan mempermudah kehidupan masyarakat dengan menggunakan teknologi digital. 

Kunjungan ke Jabar Digital Service (JDS) memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana data dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik di provinsi Jawa Barat. JDS mengadopsi teknologi canggih dan pendekatan yang terstruktur dalam proses pengumpulan, pengelolaan, dan penyajian data. Melalui integrasi data dari berbagai sumber, penggunaan platform terpadu, serta prosedur pembersihan dan transformasi data, JDS memastikan bahwa data yang tersedia berkualitas tinggi dan konsisten. Prosedur validasi, monitoring, dan auditing yang ketat serta pelatihan untuk staf memastikan bahwa data selalu dalam kondisi optimal untuk analisis lebih lanjut. Penyajian data yang kompleks dilakukan melalui visualisasi yang menarik, dashboard interaktif, dan pelaporan yang komprehensif, sehingga memudahkan pengguna untuk memahami dan menggunakan data tersebut dalam pengambilan keputusan. Keberhasilan proyek data sains di JDS diukur berdasarkan pencapaian tujuan, kepuasan pengguna, efisiensi dan efektivitas, serta inovasi dan skalabilitas.




© ‧ Fakultas : S1 Sains Data (Data Science). All rights reserved.